Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA PEMBUATAN DAN PEMASANGAN BATU KORAL SIKAT

CARA MEMBUAT DAN MEMASANG BATU KORAL SIKAT - Keunikan batu koral sikat untuk di pasang atau di aplikasikan pada lantai saat ini masih menjadi salah satu pesona batu koral sikat, terutama di aplikasikan pada lantai halaman rumah, terutama di lantai garasi, halaman rumah bahkan lantai kamar mandi.







Kami STONE BRUSH SERVICE Sebelum memasang batu koral sikat terutama jika dipasang untuk garasi tentu ada beberapa tahapan dari mulai pemilihan jenis batu koral sikat, desain dan juga alat-alat pendukung lain nya.

Tentu bagi yang sudah terbiasa dengan pengerjaan pemasangan batu koral sikat bukan menjadi hal yang sulit tetapi bagi kita yang akan mencoba untuk belajar sendiri memasang batu koral sikat tentu ada tips dan trik juga tatacara yang harus dilalui agar pemasangan nya memiliki hasil yang sempurna.

Lalu apa saja sih tahapan dan apa saja kira-kira bahan yang diperlukan ? dan bagai mana cara nya kita menentukan agar supaya hasil nya memuaskan ? ikutilah tips-tips Tata cara pemasangan batu koral sikat yang baik dan benar seperti di bawah ini.




BAHAN PEMBUATAN BATU KORAL SIKAT

1. DESAIN ATAU GAMBAR MODEL BATU KORAL SIKAT

Yang paling utama apabila kita mau memasang koral sikat adalah kita harus mempunyai desain atau gambaran atau juga model terlebih dahulu, motif batu koral sikat seperti apa yang akan di pakai, saat ini sudah banyak di internet gambar model koral sikat, pilihlah gambar tersebut sehingga sesuai dengan selera anda.

GALLERY PROJECT STONE BRUSH SERVICE :
2. BAHAN BATU KORAL SIKAT

Setelah kita mempunyai gambaran model koral sikat tentu kita lanjutkan ke bahan nya, yaitu pemilihan jenis batu koral yang cocok sesuai warna batu koral yang cocok seperti di gambar tersebut, pada umum nya batu koral sikat untuk motif menggunakan jenis-jenis batu koral seperti di bawah ini:

Batu Alor (warna hitam kilap)
Batu Balian/ bali (warna kuning atau orange)
Batu Italy (warna Putih kristal)
Batu Merah Ati Super ( Warna merah ati )
Batu Flores Hijau Super (Warna Hijau)

Itulah beberapa contoh jenis batu koral sikat yang biasa dipakai untuk membuat koral sikat motif atau warna.

3. BAHAN MATERIAL PENDUKUNG

Setelah kita mendapatkan atau mempunyai gambaran dan juga telah memilih jenis koral sikat yang sesuai dengan yang akan diasang, maka tahapan selanjut nya adalah menyiapkan beberapa bahan material pendukung, seperti semen, pasir halus atau pasir tanpa kerikil, sikat ijuk atau sikat plastik, sikat kawat, stropom busa putih(Sejenis busa untuk ganjal barang elektonik) atau bisa di ganti dengan Triplek jika tidak ada dan juga besi Holo atau kayu ukuran reng 2x3cm atau 3x4cm.



CARA MEMBUAT DAN MEMASANG BATU KORAL SIKAT

Setelah semua bahan-bahan yang di perlukan terkumpul di lanjutkan ke tahap selanjut nya yaitu cara membuat batu koral sikat untuk garasi yang baik dan benar, ikutilah tips dan cara berikut ini.

1. BUAT POLA MODEL KORAL SIKAT

Pada pola awal pasanglah besi holo atau kayu jenis reng di sekeliling bidang yang akan di pasang koral sikat sebagai pembatas ke tempat lain nya. dan atur supaya simetris dan lurus.

Buatlah pola seperti gambar yang anda punya atau anda dapatkan, jika jenis nya cuman bentuk kotak- kotak bisa maka cukup hanya dengan menggunakan batang holo atau kayu jenis Reng untuk memisah sekat-sekat antar warna batu, Apabila motif nya berbentuk arah mata angin maka buatlah sudut seperti arah mata angin terlebih dahulu.

Apabila model motif nya jenis motif atau lingkaran seperti batik atau bunga kembang-kembang maka kita harus membuat pola terlebih dahulu menggunakan busa strofoam atau triplek.

2. MEMBUAT ADONAN SEMEN DAN PASIR ( ADUKAN )

Tahap selanjut nya adalah setelah bidang dipersiapkan dan motif sudah di buat maka tahap selanjut nya adalah membuat adukan atau adonan yang terbuat dari semen dan pasir dengan kombinasi air secukup nya.

Setelah adonan atau adukan siap maka taburkan adukan tersebut ke atas bidang yang akan di pasang koral sikat lalu ratakan menggunakan penggosok jenis roskam yaitu alat penggosok untuk plesteran sampai terlihat rata.

3. PENABURAN KORAL SIKAT

Setelah pelesteran rata maka taburkan batu koral secara merata dan rapat di atas adukan hingga adukan tidak terlihat, jangan sampai terlalu menumpuk karena akan membuat boros batu koral.

Jika membuat koral sikat jenis motif maka pasanglah pola yang terbuat dari strofoam atau triplek tadi diatas adukan lalu pasang yang di sekeliling nya terlebih dahulu, jika di sekeliling nya sudah di pasang koral maka cabut lah strofoam atau triplek tadi dan bekas nya silahkan taburkan koral sesuai jenis warna masing masing-masing menyesuaikan gambar.

4. PEMASANGAN DAN PEMADATAN BATU KORAL SIKAT

Setelah batu koral sikat di taburkan atau di taruh di atas adonan sesuai dengan lokasi atau tempat nya masing masing sesuai dengan selera anda maka tahap selanjutnya adalah menekan dan meratakan dengan cara menggeprek menggunakan papan roskam alat plesteran secara perlahan-lahan hingga batu koral sikat tertutup oleh cairan adukan atau adonan semen, Setelah itu diamkan beberapa saat kira-kira setengah kering kira-kira 1 jam tergantung cuaca.

5. PENYIKATAN KORAL SIKAT

Setelah agak setengah kering mulailah dengan menyikat batu koral sikat tersebut secara perlahan menggunakan sikat kawat untuk pertama kali nya hingga adukan di atas nya mengelupas dan mulai terlihat batu koral tersebut setelah itu diamkan beberapa menit untuk menyikat di tahap ke dua.

Setelah penyikatan tahap pertama dilanjutkan dengan menyikat tahap kedua menggunakan sikat ijuk atau sikat plastik secara perlahan hingga batu koral sikat mulai terlihat lebih menonjol , lakukan beberapa kali hingga mendapatkan hasil sempurna dan koral sikat timbul ke permukaan.

6. TAHAP PEMBERSIHAN KORAL SIKAT

Setelah penyikatan selesai dan koral sikat timbul ke permukaan maka dilakukan pembersihan untuk membersihkan sisa-sisa semen dan pasir, pembersihan menggunakan busa lap basah yang di campur air lakukan cara pembersihan seperti ngepel lantai dengan tangan sambil sesekali di peras air nya dan di buang lakukan bebrapa kali hingga terlihat bersih

7. PENGERINGAN KORAL SIKAT

Sebelum tahap finishing akhir yaitu pengotingan maka keringkan dahulu kira-kira 2x24 jam sebelum di coating, supaya uap nya tidak membuat hasil coating belang atau meleleh berwarna putih.

8. PENGOTINGAN ATAU PERNIS KORAL SIKAT

Setelah kering Mulai tahap selanjutnya yaitu tahap akhir yaitu pengotingan atau pernis, hal tersebut untuk mencegah tumbuh nya jamur atau lumut, selain itu coating juga untuk mempertajam jenis warna koral sikat tersebut hingga lebih berwarna dan terlihat mengkilap.



BAGAIMANA SIH CARA PEMASANGAN BATU KORAL SIKAT ?

TIPS DAN CARA PEMASANGAN BATU KORAL SIKAT - Batu Koral adalah batu-batuan alam yang ditebar pada taman atau disusun seperti mozaik pada lantai rumah yang berfungsi mencegah lantai licin dan menambah keindahan lantai didalam maupun diluar rumah. Selain itu ada juga yang memfungsikan koral sikat sebagai alat pijat refleksi pada kaki karena permukaan lantai koral sikat itulah dibuat lebih menonjol-nonjol.

Bahannya dari batu koral hias (pebbles) yang memang beragam bentuknya. Dari kecil hingga besar, halus dan kasar, hingga warna-warni. Semua sama menariknya jika digunakan sebagai elemen rumah.

Perlakuan terhadap koral hias ini ada 2 yang sering diaplikasikan pada rumah-rumah. Pertama ditabur atau di tebar. Artinya Koral hias hanya ditaburkan atau di tebarkan pada tempat yang telah dibuat khusus untuknya. Yang paling sering di tebar di taman dengan bentuk tebaran sesuai keinginan.

Tetapi saat ini koral hias juga bisa ditaburkan dilantai didalam rumah sebagai bagian dari elemen interior. Biasanya digunakan sebagai aksen atau menjadi pembagi ruang yang diletakkan di lubang tanpa keramik.

Kedua, ditempel. Inilah yang disebut dengan koral tempel atau koral sikat. Karena membuatnya di tempel kan pada adukan semen kemudian setelah agak kering disikat dengan sikat baja supaya sisa-sisa semen tidak menutupi permukaan koral hias. Koral sikat yang yang telah menyatu dengan adukan semen tadi dapat digunakan sebagai lantai carport, teras, bahkan dinding rumah.


KORAL SIKAT

Koral hias merupakan elemen penting dalam memberi kesan back to nature pada rumah kita. Koral hias bisa mempunyai peran sebagai salah satu elemen pada taman, teras, atau sudut-sudut ruangan bisa menambah nilai estetika lingkungan sekitar. Selain itu, juga menjadi kombinasi untuk menyeimbangkan material lunak (softscape), karena bebatuan merupakan material keras (hardscape) di sebuah taman.

Selain bersifat dekoratif, Batu koral yang ditabur dan terletak di tanah di bawah atap rumah berfungsi sebagai resapan air. Dengan demikian, tetesan air dari atap akan menuju ke taburan batu koral agar air tidak memercik ke tembok taman. Hamparan batu koral di taman juga bermanfaat dari segi kesehatan.

Batu Koral dapat difungsikan sebagai ornamen relaksasi. Anda dapat mendesain ’’taman terapi’’ dengan menebar atau menyusun batu koral dengan tinggi-rendah dan besar-kecil tertentu agar sesuai dengan kontur telapak kaki.

Konsep ini bisa diaplikasikan pada taman rumah, semisal pada jalur setapak bagi pejalan kaki.Anda cukup berjalan di atas taburan batu tadi, dan biarkan bebatuan ini menjadi pemijat refleksi alami untuk kaki yang sering pegal atau lelah. Saat mengenai telapak kaki, permukaan batu yang kasar akan melancarkan sirkulasi darah. Namun perlu diingat, pilihlah batu yang tidak terlalu runcing atau tajam karena dapat melukai kaki. Carilah batu koral berbentuk oval berdiameter 1-2 cm.


JENIS KORAL SIKAT

Beberapa namanya diambil dari nama daerah seperti :

- Koral Lampung 
- Mik Bali
- Batu Alor Surabaya
- Ambon
- Bengkulu
- Pelabuhan Ratu
- Batu Flores

Harganya pun bervariasi sesuai dengan ukuran dan halus tidaknya permukaan batu. Di pasaran, Batu Lampung Super yang paling mahal harganya.


CARA MUDAH MEMBUAT KORAL SIKAT

1. PERSIAPAN MEDIA LAHAN

Persiapkan media untuk ditaburi koral hias. Media ini bisa berupa lantai dirumah kita seperti lantai carport, lantai teras atau lantai tangga. Sebelumnya usahakan permukaan lantai dilukai (dibuat kasar) terlebih dulu agar semen dan bidang lantai bisa menyatu. Selain itu bahan-bahannya juga sudah harus siap beserta desain koral sikat yang diinginkan.


2. MEMBUAT CETAKAN ATAU PEMBATAS

Cetakan ini gunanya agar motif mozaik koral sikat sesuai dengan ukuran permukaan bidang lantai. Cetakan bisa terbuat dari apa saja, bisa dari kayu atau terbuat dari besi. Penting untuk diketahui agar cetakan atau pembatas ini dilumuri dengan oli terlebih dahulu. Supaya jika sudah mengering, mudah melepas cetakannya.

3. MEMBUAT ADUKAN SEMEN

Sebagai bahan perekat koral hias adalah adukan semen. Campuran nya adalah semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 1. Tambahkan air hingga adonan semen pasir pas seperti adonan plesteran tembok.

4. MASUKKAN ADUKAN

Masukan adukan kedalam cetakan, padatkan dan ratakan. Hal ini penting agar dasar koral sikat ini kokoh dan tidak berongga. 

5. MENATA BATU KORAL

Setelah adukan merata dalam bidang cetakannya, barulah kita tata koral hiasnya berdasarkan desain yang sudah kita inginkan. Mulailah dari tepi kemudian berlanjut ke tengah. Jika motif koralnya kecil-kecil bisa langsung ditaburkan kedalam cetakan kemudian diratakan agar semuanya menempel pada semen.

Jika semua koral hias sudah tertempel, tekanlah koral tadi secara bersamaan agar hasil permukaan koral sikat merata. Anda bisa gunakan triplek atau papan kayu untuk menekannya.

6. TUNGGU SETENGAH KERING

Setelah semua tertempel, tunggulah hasil perpaduan koral sikat dan semen tadi setengah kering atau kurang lebih setengah hari, kemudian sikat dengan sikat kawat agar permukaan koral sikat bagian atas terlihat jelas dan tidak ada semen yang menutupi batu-batu koral hias tersebut.

Tetapi ingat jangan terlalu keras saat menyikatnya karena akan membuat beberapa koral hias terlepas. Karena jika terlepas, agak susah mengembalikannya mengingat semen sudah setengah kering.

7. BERSIHKAN PERMUKAAN

Setelah semua disikat, kemudian lap dengan lap basah agar warna koral hias kelihatan. Setelah itu kita tinggal tunggu sampai kering. Biasanya hal ini memakan waktu sekitar 1 hari. Setelah benar-benar kering bisa dilepaskan dari cetakannya atau pembatasnya.

8 LAKUKAN COATING 

Agar permukaan batu bisa awet dan tahan terhadap lumut serta debu, sapukan dengan cairan coating dengan perbandingan 1 liter untuk 6 meter permukaan koral sikat.

Ada cara lain untuk membuat koral sikat yaitu mencampurkan langsung antara koral sikat dengan adukan atau acian semen. Cara ini sangat boros koral sikat dan biasanya hanya di pergunakan untuk bidang tegak saja.


TIPS MEMBERSIHKAN KORAL SIKAT STONE BRUSH SERVICE

Merawat koral hias terutama jika diletakkan di luar ruangan tidaklah sulit. Di musim panas, lumut dapat hilang dengan sendirinya sementara hujan akan membersihkan debu dan kotoran. Nah, untuk koral dalam ruangan terutama di kamar mandi, Anda bisa membersihkan sendiri.

Masukkan koral hias ke dalam ember yang telah diisi air 1/4 ember. Masukkan 4-5 tutup botol, cairan pembersih porselen. Diamkan selama 1-2 jam. Gunakan sarung tangan karet lalu aduk-aduk batu dalam ember. Buang airnya lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, batu siap ditebar kembali.

Jika anda berminat untuk memasang koral sikat di rumah  hunian atau kantor anda ??
anda bisa langsung Menghubungi costumer service kami  Atau bisa datang langsung ke tempat nya untuk konsultasi.


DEMIKIANLAH TENTANG BATU KORAL SIKAT DAN CARA PEMASANGAN NYA SEMOGA MEMBANTU DAN BERMANFAAT
Sumber: www.tabloidhunianku.com

Layanan Pasang Batu Sikat Terbaik
Layanan Pasang Batu Sikat Terbaik Kami tukang carport/batu sikat hadir untuk membantu anda dalam mencari tukang carport untuk halaman rumah maupun di garasi Anda yang berkualitas dan terpercaya. Kami telah berpengalaman dalam bidang pembuatan batu sikat. Kami siap memberikan desain carport/batu sikat yang terbaru sebagai penghias lantai garasi anda. Kami adalah solusi terbaik untuk anda dalam hal jasa pembuatan lantai carport. Jangan ragukan kualitas kerja dari kami di dukung oleh tenaga kerja yang telah berpengalaman dalam bidangnya. Kami dapat menangani berbagai macam motif yang indah dan menarik, dikerjakan oleh tenaga yang berpengalaman. Kualitas dan kepuasan kami utamakan bagi pelanggan


INGIN PUNYA BATU SIKAT ATAU LANTAI CARPORT KEKINIAN DIRUMAH ?

Sekarang Tidak Usah Lagi Bingung Dengan Pembuatan Batu Sikat Dan Lantai Carport Di Rumah Anda Agar Terlihat Menarik Dan Kekinian, Serahkan Pada Ahlinya Karena Ada STONE BRUSH SERVICE Merupakan Jasa Profesional Yang Siap Melayani Pembuatan Dan Pemasangan Batu Sikat Atau Lantai Carport dirumah Anda, Dengan Moto “ Tukang Datang Keluarga Tenang ” Maka Kami Ber Upaya Membuat Nyaman Dan Menarik Hunian Anda Dengan Batu Sikat Atau Lantai Carport dirumah Anda.
Cara Pemesanan
  • Kirim pesan melalui WA/Telephone ke admin untuk konsultasikan kebutuhan anda.
  • Kami akan melakukan survey (jika dibutuhkan) ke lokasi dan membuatkan Penawaran rincian kebutuhan dan pengerjaan.
  • Setelah tercapai deal/kesepakatan, maka akan dijadwalkan proses pengerjaannya.
Metode Pembayaran
  • Customer membayar DP (Uang Muka) 50% sesuai harga yang telah disepakati baik melalui transfer ke rekening kami maupun cash kepada tukang kami.
  • Proses Pengerjaan.
  • Pelunasan setelah project selesai.
Bergaransi
  • Hubungi admin atas keluhan Anda dan konsultasikan 
  • Klaim garansi dengan menunjukkan kartu garansi.
  • Tukang kami melakukan pengerjaan sesuai dengan project yang pernah dikerjakan.
  • Tanpa biaya.